TIDUR

Tidur 8 jam/hari = 1/3 hidup untuk tidur

Napolen tidur 2 jam tiap malam

Albert Einstein tidur 10 jam tiap malamnya

Kelelawar tidur 20 jam perhari

Landak tidur 10 jam perhari

Jerapah tidur 2 jam perhari

Kuda dan sapi tidur 3-4 jam perhari (dalam kondisi normal)

Secara umum lama tidur hewan berbanding terbalik dengan ukuuran badannya, semakin kecil semakin lama tidurnya.

Jika manusia beraktifitas selama 5 jam setelah tidurnya dan tidak merasakan lelah berarti ia dalam kondisi normal

Pada tahun 1959-1960 seorang peneliti Amerika menemukan sebuah hasil yang mengejutkan bahwa angka rata-rata kematian bertambah seiring bertambahnya jumlah tidur dari 7-8 jam perhari atau dengan bahasa lain semakin banyak tidur semakin besar kemungkinan orang mendekati kematiannya.

Fase-fase tidur:
Pertama: gerbang tidur atau permulaan mengantuk, yaitu ketika seseorang mulai kehilangan perhatiannya terhadap segala sesuatu disekitarnya, saat itu tersimpan 1000 gelombang bangun (ehh da?) dan mulai berkurangnya ketegangan otot-otot secara berangsur-angsur

Fase kedua: muncul putaran-putan baru dalam tidur fase ini meliputi 40%-50% masa tidur secara keseluruhan. ketegangan otot-otot semakin berkurang dan kesadaran mlai hilang

Fase ketiga: yaitu fase perpindahan ke fase keempat, pada fase ini muncul gelombang-gelombang delta 3-8%

Fase keempat: mulai dari 10%-15% masa tidur. Ini adalah fase pulas dan susah untuk membangunkan seseorang yang sudah sampoai pada fase ini. Fase ini terus berlanjut sampai anka 75%-80% masa tidur
Fase kelima: ini adalah fase tidur yang paling cepat bagi kedua mata dan pada fase ini juga tidur mulai berhuubungan dengan ‘mimpi’ dan terus meningkat pada sepertiga terakhir. Fase ini meliputi 20% sisa masa tidur

Bagaimana supaya mudah tidur:
-Pengaturan cahaya
-Duduk santai selama 1/2 jam sebelum tidur, jauh dari segala katifitas atau komputer
-Jika belum bisa tidur lakukan aktifitas ringan
-Tidurlah ditempat yang sudah di siapkan untuk tidur
-Hindari kopi, teh dan kafein
-Hindari makan berat di sore hari
-Jauhi aktifitas otot yang ebrat-berat 4 jam sebelum tidur, dan juga hindari tekanan kejiwaan.

(Disarikan dari majalah al-Arabi edisi Juni 2006-Piala Dunia)

Satu pemikiran pada “TIDUR

  1. Bagus sekali, hanya gelombang-gelombangnya tidak lengkap setiap fase. mungkin lain waktu bisa ditambahkan gelombang alfa, delta, beta dan seterusnya. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s